MOBIL BUATAN INDONESIA

 Dewasa ini bermacam merk mobil bermunculan dan berlomba lomba menjadi yang terbaik dan terlaris dalam pemasarannya tapi apakah anda tau salah satu merk mobil itu ada yang 100 % buatan anak bangsa indonesia berikut ini:
1. GEA
Mobil-Gea
GEA berasal dari kata “Gulirkan Energi Alternatif”. Alasan penamaan ini karena mesinnya bisa menggunakan bahan bakar bensin premium dan bahan bakar gas.
Mesinnya dibuat oleh BPPT dan casing mobil oleh PT INKA Madiun.
Mobil ini sudah diperkenalkan kepada publik saat Jakarta International Expo
(JiExpo) 2008, tetapi belum ada pemasaran skala besar. Sebab, sampai saat ini mobil tersebut masih dalam proses pengujian.  Pengujian pertama pernah dilakukan dengan rute Madiun, Ngawi, Ponorogo, Pacitan, dan Magetan sejauh 10.000 km. Hasilnya, mobil dapat melaju dengan kecepatan masksimal 85km/jam dan dapat berjalan pada jalan menanjak, seperti di Sarangan. Apabila proses pengujian sudah selesai, rencananya mobil itu siap dipasarkan dengan harga Rp45—50 juta per unit.
2. Komodo
Mobil-Komodo
Mobil Komodo dikembangkan oleh PT Fin Komodo Teknologi. Mobil Komodo telah dipesan oleh 15 negara dan laku 60 buah selama pameran berlangsung. Mobil Komodo dijual dengan harga Rp60 juta per unit.
3. Maleo
Mobil-Maleo
Mobil Maleo dibidani oleh BJ Habibie pada 1996 dengan harga patokan tidak lebih dari Rp30 juta agar terjangkau masyarakat.  Habibie pun ‘memutar otak’ untuk merancang mobil tersebut, mulai dari mesin yang berkapasitas 1.300 cc hingga komponen lokal di atas 80%. Untuk mematangkan rencana tersebut, beliau menggandeng pabrikan mobil dari Australia untuk melakukan riset dengan satu unit mobil sebagai contoh telah dihasilkan. Namun sayang, dana untuk itu kemudian tersedot oleh proyek mobil nasional (mobnas) Timor sehingga proyek mobnas Maleo pun terhenti.
4. Timor S2
Mobil-Timor-S2
Meskipun pada awalnya mengambil utuh KIA Sephia sebagai produk awalnya, Timor telah menyiapkan sendiri rancangan mobil nasional generasi keduanya. Mobil Timor S2 dirancang oleh rumah desain Zagato Italia. Namun, langkahnya terhenti juga akibat krisis moneter 1998.
5. Bakrie B-97
Mobil-Bakrie-B-97
Grup Bakrie pun pernah menyiapkan mobil rancangannya berjenis MPV yang desain rancang bangun kendaraan ini telah dilakukan di Inggris. Bahkan, satu unit mobil contoh pun sudah dibuat dan diuji coba di sana. Namun, belum sempat mobil itu keluar di pasaran, proyek tersebut tidak jadi dilanjutkan karena krisis moneter 1998.
6. Gang Car
Mobil-Gang-Car
PT Dirgantara Indonesia (DI), meskipun bidang usahanya membuat pesawat, tetapi PT DI juga membuat mobil imut berkapasitas 2 orang ditenagai dengan mesin 125—200 cc. Mobil ini didesain bisa masukgang-gang sempit di perkotaan. Namun sayang, proyek ini tidak pernah terdengar lagi kabarnya sejak 2003 setelah PT DI dilanda kemelut dan merumahkan 9.000-an karyawannya.
7. Tawon
Mobil-Tawon
Mobil Tawon diciptakan oleh produsen gas pertama di Indonesia, PT Super Gasindo Jaya, dengan sumber bahan bakar bensin dan gas. Penciptanya merencanakan mobil tersebut untuk menggantikan bajaj. Bisa dibilang lebih bagus. Namun, untuk dijual secara komersial apalagi dengan harga Rp48 juta, tidak menjamin mobil ini bisa diterima pasar.
8. Esemka Digdaya
Mobil-Esemka
Sesuai namanya, mobil ini adalah hasil karya anak-anak SMK 1 Singosari Malang.
Kendaraan ini berjenis MPV. Siapa sangka mobil hasil karya anak SMK yang notabene masih berumur 16—17 tahun ini begitu sempurna, melebihi produk mobil nasional pabrikan lainnya. Meskipun mesinnya masih menggunakan mesin eks Timor 1.500 cc, itu tidak menjadi masalah. Sebab, mesin bisa diganti dengan mesin berkapasitas lebih besar dengan komponen lokal yang tinggi. Dengan demikian, dijamin harga jualnya pun akan terjangkau.

0 Response to "MOBIL BUATAN INDONESIA"

Posting Komentar