Wisata kuliner Malam Hari Yang Wjib Anda Kunjungi Saat ke Lombok

Banyak yang tak mau melewatkan waktu dengan pariwisata saja, mereka para turis ataupun warga setempat lombok asli juga tak ingin kalah dalam mencicipi masakan ini. Berikut ini list 7 tempat kuliner malam hari yang populer di lombok :

1.Ayam Taliwang Lombok

Ayam taliwang merupakan masakan kuliner nomer satu di lombok barat, meski banyak di temui di kota- kota lain, masakan dan bau khasnya sangat berbeda. Ayam taliwang asli dikelola dengan beberapa syarat antara lain :

  • Menggunakan ayam kampung

  • Umur ayam yang digunakan berusia remaja atau beranjak mau dewasa, karena ayam pada saat beranjak dewasa akan terasa lebih manis tanpa dibumbui tambahan gula

  • Di masak dengan digoreng ataupun dipanggang / bakar

  • Dalam proses pemanggangan harus menggunakan alat tradisional seperti arang dan kayu  dan kondisi ayam harus utuh tidak boleh di potong.

  • Bahan bakar yang digunakan adalah kayu nangka, jika tidak ada kayu kopi.

  • Bila memasak dengan menggoreng, minyak yang digunakan harus minyak kelapa asli

Untuk masakan ini dapat dicoba langsung di area tempat wisata senggigi, namun bagi yang berada pusat kota pun banyak dijumpai seperti di rumah lesehan Jalan. Ade Irma Suryani No. 53, Mataram.

Ayam Taliwang - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

Ayam Taliwang - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

2. Sayur Ares Khas Lombok

Diantara masakan unik di Nusa Tenggara Barat Lombok, salah satuya adalah sayur ares. Bagaimana tidak  unik makanan ini terbuat dari pelepah pisang. Bahkan tak hanya itu sayur ares pun ditemukannya juga unik ?

Nama ares bukan diambil dari suku adat, nama kota maupun kepercayaan. Dahulu pada saat lombok mengalami perubahan musim panas, semua lahan padi mengalami penurunan penghasilan drastis, bahkan sapi – sapi, kerbau yang digunakan sebagai bajak sawah juga tidak ikut makan dan banyak yang mati.

Saat itulah ada seorang warga bernama Loq ares yang kaget melihat sapi-sapi menubrukan kepalanya ke pohon pisang, dan menjatuhkan pelepah tersebut serta memakannya. Melihat tidak ada yang bisa dimakan, istri dari Loq ares atau akrab disapa ibu ares, mencoba mengelola pelepah pisang tersebut dan alhasilnya pelepah tersebut rasanya lebih nikmat dari pada soto dan gule.

Ares adalah masakan sayuran khas lombok, dengan bahan utamanya adalah pelepah pisang yang masih muda atau belum berbunga. Teknik untuk mengolah sayuran ini sangat mudah, di iris tipis – tipis, dicuci, dan di olah menggunakan kombinasi seperti membuat kare tradisional (tanpa penyedap rasa) seperti lengkuas, ketumbar, bawang merah dan putih, jahe, kunyit, kemiri, dan garam.

Sayuran ini sangat cocok dihidangkan sebagai wisata kuliner malam hari dan diseduh sewaktu hangat. Namun untuk menvariasi masakan ini, penjual biasa menambahkan daging sapi/ kikil, ataupun sate.

Untuk menikmati sayuran ares, dapat ditemui dengan mudah, banyak penjual jalanan yang menjualnya atau bila ada waktu mampir ke Pasar Cakranegara.

Sayur Ares - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

Sayur Ares - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

3. Sate Rembiga

Bila madura memiliki nama sate madura, lombok juga memiliki sate khasnya yaitu sate rembiga. Sate ini memiliki bahan dasar utama daging sapi.

Keunikan sate ini terletak pada rasa yang gurih, empuk dan mudah luber di mulut. Sate rimbiga biasa di sajikan dengan sensasi pedas, dan uniknya lagi meski pedas, para wisata kuliner tak henti – hentinya memakan sate ini.

Resep bumbu rembiga sangat sederhana yaitu cabe rawit, daging sapi, garam, gula, terasi, bawang putih. Untuk penikmat pedas, biasa menambahkan tambahan air jeruk nipis yang disajikan bersama sate ini, sehingga cita rasa pedas, gurih, manis bersatu di dalam sate ini.

Untuk menikmati sajian ini, dapat berkunjung di Jalan Dakota No. 2, tak usah ditanyakan lagi, warung agak sedikit besar ini sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu.

Sate Rembiga - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

Sate Rembiga - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

4. Sate Tanjung

Selain sate rembiga, kuliner di kota lombok malam hari juga menyediakan sate unik lagi yaitu sate tanjung. Bila sate rembiga berbahan dasar sapi, sate tanjung malah berbahan dasar ikan yang cukup sulit.

Sate tanjung merupakan olahan lombok yang saat ini dilestarikan sebagai salah satu budidaya pariwisata. Sate ini berbahan dasar utama ikan cakalang, namun bila pada musim tertentu ikan cakalang sulit ditemui, ikan Langoan dijadikan alternatif bahan dasar sate tersebut.

Untuk pengolahan sate tanjung memang agak sedikit ribet, teknik pengolahan pada umumnya adalah ikan yang sudah diris kecil – kecil di campurkan dengan bumbu racikan cabai, kunyit, lengkuas, garam, cuka, jahe, kemiri, santan kelapa kental dan diaduk seperti tepung.

Untuk menikmati sate tanjung, anda dapat berkunjung di daerah terminal tanjung, atau bila ingin menikmati asal lahirnya sate tanjung dapat berkunjung di lombok utara.

Sate Tanjung - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

Sate Tanjung - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

5. Plecing Kangkung Khas Lombok

Masakan yang paling dikenal di masyarakat hingga manca negara adalah plecing kangkung, dan menduduki peringkat nomer 2 masakan khas lombok setelah ayam taliwang.

Plecing kangkung berbahan dasar utama kangkung yang dicampuri racikan khusus bumbu tomat yaitu cabai rawit, tomat, terasi dan garam.

Untuk menikmati plecing kangkung, para penikmat wisata kuliner juga memesan pendampingnya yaitu ayam taliwang.

Lokasi plecing kangkung dapat anda temui di rumah lesehan Ade Irma Suryani No. 53, Mataram.

Plecing Kangkung - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

Plecing Kangkung - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

6. Bebalung Khas Lombok

Bebalung? Mungkin di pikiran masakan ini sangat keras. Jangan salah masakan yang dikelola khas lombok ini sangat rapuh, sedikit saja menggigit maka tulang tersebut langsung pecah, seperti terkena presto.

Bebalun dari dulu hingga sekarang memang berbahan dasar tulang iga sapi ataupun kerbau, dengan racikan garam, bawang putih, putih, lengkuas, kunyit serta cabe rawit yang dikelola khusus dengan kombinasi jahe. Setelah kombinasi racikan tersebut selesai, campurkan ke dalam wadah bersama tulang iga dan direbus selama 30 menit.

Untuk menambah sensasi kenikmatan, para penjual menghidangkan bebalung tersebut dengan mangkok yang dibuburi dengan bawang merah. Tak hanya itu bagi peminat pedas, dapat menambahkan sambal.

Untuk menikmati wisata kuliner bebalung, dapat mengantri di antrian panjang di Jalan Raden Saleh Sungkar, area pantai senggigi.  Dan tidak usah di tanyakan lagi, tempat wisata kuliner ini sudah berdiri sejak 60 tahun yang lalu.

Bebalung Lombok - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

Bebalung Lombok - Tempat Wisata Kuliner Lombok Malam Hari

7. Wedang Lombok

Mendengar namanya pasti minuman ekstrim ya, tunggu dulu, minuman memang ada bahan dasarnya adalah lombok. Wedang dengan bahan dasar lombok memang sengaja dibuat karena dapat menghangatkan tubuh.

Namun rasa yang dirasakan dalam minuman seperti perpaduan antara jahe, kayu manis, dan serai. Untuk lombok sendiri tidak blender ataupun digiling bersama minuman tersebut.

0 Response to "Wisata kuliner Malam Hari Yang Wjib Anda Kunjungi Saat ke Lombok"

Posting Komentar